Sabtu, 02 Juni 2012

Telah Kembali, di Jogjakarta

Assalamu'alaikum....

Hello sahabat-sahabat pembaca semuanyaaaaa ^.^ Wah, aku nge-post trakhir kali tu tanggal 21 Agustus 2011, jadi sudah 9 bulan lamanya blog ini aku telantarkan (kayak hamil aja 9 bulan -,- dan sudah lahir anaknya sekarang #eh). Maaf maaf yaa, janji deh abis ini bakal rajin nge-post, hihihi.

Eh, aku mau cerita ni kenapa aku menelantarkan blog ungu kesayanganku ini, kenapa aku nggak pernah nge-post lagi. Oiya, dulu terakhir nulis itu statusku masih 'calon' mahasiswa karena belum masuk kuliahnya belum resmi juga, dan sekarang sudah hampir setahun aku jadi mahasiswa Pendidikan Kedokteran FK UGM.

Sudah hampir satu tahun berarti sebentar lagi masuk tahun kedua, abis itu tahun ketiga, setengah tahun berikutnya lulus pendidikan dokter, abis itu koas 2 tahun, abis itu mulai praktik jadi dokter, wooooww cepet bangeeet. Eiits, tapi nikmatin aja, karena proses itu penting ;).

Aku harus cerita apa saja yang sudah aku dapetin, aku temui, aku lihat, aku pelajari hampir satu tahun ini, it's so awesome!!! Secara singkatnya aja tapi yaaaa....

Inget banget aku berangkat ke Jogjakarta itu tanggal 3 September 2011, H+5 lebaran, buat pindahan dianter Bapak, Ibu , Mbak dan Adeku tersayang *peluk satu-satu*. Tapi sebagian barangku sudah dibawain omku yang mudik ke Jogja, soalnya kalau nggak ntar nggak muat, banyak banget si barangnya, hehe (maaf, rempong banget aku). Hari itu juga Tika, my lovely housemate, pindahan dengan seabrek barang-barangnya. Keluargaku setelah semua beres pulang dan dimulailah saatnya menjadi Anak Kost yang sesungguhnya. Ini saat-saat yang ditunggu-tunggu jujur, aku penasaran rasanya jadi anak kost. Kost Gang jeruk namanya, dengan The Five New Comers-nya, love you all guys :*


Syukur banget nih ada motor, Alhamdulillah kalau mau kemana-mana, cari makan gitu gampang sama Tika. Besoknya ada Mini Gathering anak PD 2011, dateng deh sore-sore ke kampus, akhirnya ketemu bakal calon temen-temen seperjuangan. Seingetku aja ya yang dateng tu ada Opek, Nita, Ayunda, Fathy, Githa, Novi, Atika, Nata, Nova, Disto, sapa lagi yaaa, aah lupaaa, pokokmya ada Fety dan Tika yang dateng terakhir sendiri, Disto ding bukan kita. Kita tutup gatheringnya dengan makan di samping GSP yang ternyata nggak enak dan mahaaal -__- dan kasihan helmnya Nova hilang T.T

Tibalah saatnya Gathering PD 2011 yang sesungguhnya, awalnya di kampus, nggak boleh, ganti di gelanggang, nggak jadi, dan akhirnya di Pondok Cabe, itu tuh yg deket Mirota Kampus. Disana ramai banget, anak PD'11 dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul, kita kenalan-kenalan deh, ada beberapa yang sudah kenalan lewat FB dan BBM, jadi lebih deket deh. 

Jengjerengjeeeng, hari pertama kegiatan di kampus! Ada tekhnikal meeting buat PPSMB. Inget banget aku makek baju ungu hihihi. Jelas kan ketemu semua temen seangkatan di FK, wuis kayak sangar-sangar gitu anaknya, maksutnya pinter-pinter banget gitu lho, bukan sangar kayak preman -,- Disitu aku ketemu temen-temen yang bakal sekelompok pas PPSMB. siapa saja mereka? Ada Bisma (the leader), Yoyo (dari Riau), Bagas (anak 2010), Joy (anak Malaysia), Hanifah (anak gaul Surabaya), Naomi (anak GK), Fatma (anak IK), Haizam (cewek Malaysia), dan Mbak Badriyah. Mereka baik-baik banget lho plus kocak, sampe kita menang waktu tanding kelompok tergokil yang nyanyiin lagu PPSMB yang diambil dari lagu Sm*sh, personilnya ada dikelompok kita si, hehe. Nggak lupa kita punya kakak pelita yang baik baik bangeeet bak ibu peri, kak Rinda (PD'09) dan Kak Windi (GK'10).

Cocard waktu PPSMB

Berlalulah PPSMB yang menyenangkan dan sangat melelahkan selama 3 hari itu. Terus gimana lupa ceritanya, aku sama Tika jadi deket sama Nita, temen kita dari jogja, sama Opek juga, kita juga dikenalin sama Lily, temen yang satu SMA sama mereka, ada Puis juga temen sekelompok PPSMB Tika. Mereka yang ngenalin ke kita tempat-tempat di Jogja. Kan sebelum masuk kuliah gitu, kita ada jadwal kosong beberapa hari, dimanfaatin deh sama kita buat jalan-jalan dulu sebelum nanti berhadapan dengan padatnya jadwal -,- Kita ke Mirota Batik, yang di Malioboro itu, aku beli lampion warna ungu, bagus deh. Terus ke Benteng Vendeburg, disini kita foto-foto narsis nggak jelas gitu, fotonya bisa dilihat di facebook. Abis itu kita makan deh, walaupun singkat tapi menyenangkan sekali, sebagai awal keliling di Jogja, lain waktu bisa ke tempat yang lain.

Dan akhirnya, tibalah waktunya kuliah perdana. Jengjerengjeeeeeng, excited banget deh pokoknya, udah jadi mahasiwa gitu, katanya si udah dewasa, tapi kok masih kayak anak kecil ya akuu -.- Bener-bener beda belajar di perguruan tinggi sama di SMA, apalagi SMP, SD, lebih-lebih TK yang kerjaanya nangis doang, hahaha. Di FK UGM itu makek sistem blok, jadi selama satu tahun ada 6 blok dengan topik materi yang berbeda-beda. Tahun pertama dari blok 1.1 sampai 1.6, dan sekarang aku mau nginjak ke blok 1.6, cepet banget yaaa. Topik  tahun pertama itu :
Blok 1.1 : Basic Locomotor System
Blok 1.2 : Cardiorespiratory System
Blok 1.3 : Digestive System
Blok 1.4 : Genitourinary System
Blok 1.5 : Endocrine, Nerve, and Sense Organ
Blok 1.6 : Basic Medical Practice

Kita satu angkatan dibagi jadi dua, Lecture I dan Lecture II. Satu lecture dibagi tiga grup, A B C dan D E F. Satu grup dibagi lima kelompok, misal kelompok 1 2 3 4 dan 5, kecuali grup F ada 6 kelompok. Aku masuk kelompok 6, yang anak-anaknya super-super banget pinternya, kudu kerja keras banget deh disini. Aku kenalin ya satu-satu. 
1. M. Ramadhan Al Reno --> dia ketua kita, anaknya baik, pacarnya ketua HSC, pinter banget, suka nulis, pinter ngomong, pakek kacamata, tinggi, dan pengen jadi pengusaha.
2. Hari Murti --> anak Sleman dari Padmanaba, awalnya cuek ternyata baik banget (anak cewek bilang pahlawan kelompok 6), suka bawa bekal makan siang, lagi naksir cewek (suka curhat ke aku si, hehe).
3. Adi Ariffianto --> anak TN yang super sibuk banyak ikut kegiatan, paling licik (adaaaa aja akalnya), suka telat, diem-diem ternyata pinter nggak ketulungan, suka sama orang tapi kelamaan-no action.
4. Randy Renaldo --> anak Wonosobo dari Loyola, pinternya nggak bisa aku ceritain, paling banyak ngomong pas tutorial, baik dan unyu banget, HPnya bantu kita banget buat praktikum histology.
5. Miya Khalidah --> cewek berkulit putih yang masih pengen tambah putih, gila korea, baik banget banget, sekarang tambah rajin belajar, mau backpaker-an ke Singapur, Thailand dan Malaysia habis lebaran.
6. Anditta Syifarahma --> dari Loyola juga, one of the most beautiful girl di angkatan, paling pinter di kelompok, nggak tegaan, banyak yang naksir, HP 2 kali hilang, mobilnya lecet 2 kali pas sama aku -,-
7. Annisa Rahmawati --> cewek Duri-Riau yang tinggi, kalem banget, nggak banyak omong, manis, kost paling deket, masih galau mau sama siapa, sering melakukan geraka-gerakan yang tidak diduga, sering aku rampas kacamatanya (she's more beautiful without glasses)
8. Ida rizqa Nuraini --> cewek magetan yang nggak mau dibilang ndeso, diemnya banget tapi pinternya banget banget, mungil, depan kostnya sungai, makin alay, suka nyanyi tiba-tiba.
9. David Tirawati Fadillah --> dipanggil Pipit, kata Adi paling kalem, baik, tinggi, suka shopping katanya, tulisan tanganya kayak ketikan, rajin banget, dari Magelang.
10. Fatkhati Saida Rahma --> Do you want to know?

Surprise di hari ulangtahunku dari kelompok 6 
Aku sayang banget sama kelompok 6, udah cocok banget, nggak mau pisah ditahun kedua nanti, tapi jelas nggak bisa, okelaah.

kelompok 6 tukeran kado habis liburan tengah tahun
Lanjuuut, jadi dalam satu blok ada 7 week, kita dapet lecture dari ahlinya masing-masing. Ada praktikum yang banyak banget, apa saja itu? Anatomy, Histology, Biochemistry, Phisiology, Farmacology, Parasitology dan Microbiology. Dari semuanya yang paling bikin hectic pas ujian adalah anatomy, inget banget tetamen (ujian anatomy) pertama aku pakek kruk, kan habis kecelakaan tu, ramus inferios os pubis ku (bagian dari tulang duduk) retak, sengsara plus ngrepotin banget pas itu >.< makasih dan maaf ya buat semua yang udah bantu pas aku lagi sakit :*** . Selain itu juga ada Skills Lab, disitu kita diajarin cara menghadapi pasien, berkomunikasi, cara pemeriksaan vital, basic life support, dan masih banyak lagi lainnya. Dan di week ke-7 ada ujian blok, yang menurut gue si nggak pernah gampang. Tapi inilah jalanku buat jadi dokter, harus berusaha keras, rajin belajar, kudu yakin insyaAllah bisa :)

Selain kuliah ada banyak kegiatan menarik yang alhamdulillah aku boleh ikut. Kepanitiaan pertama yang aku ikutin yaitu MAW (Medical Action Week), disitu aku jadi seksi acara yang bagian closing bersama kak Arizqa, kak Kevin, kak Syuhada, Dhani dan Fara. Ini adalah serangkaian kegiatan dari bakti sosial, funbike, dokter kecil, dan diakhiri demgan Konser Amal. Bintang utama yang kita undang waktu itu Aditya Sofyan, tau nggak? Suaranya bagus banget, kalau nggak bisa tanya Abang Google.

Fety - Aditya Sofyan - Fara #panitia MAW

Di FK itu ada banyak banget organsasinya, setelah berpikir panjang, panjang berpikirnya, aku mutusin buat daftar CIMSA ( Center for Indonesian Medical Students' Activities) dan AMSA (Asian Medical Students' Association). Dua organisasi ini hampir sama tapi berbeda, ada sisi yang sangat berbeda dan dalam pandanganku sangat bermanfaat untuk aku ikuti. Di CIMSA aku masuk di SCOPH ( Standing Commite Of Public Health), kita menyebutnya anak-anak beruangnya papi Mikha, orange hug! hahaha, love this family! Di AMSA aku masuk di MnD (Membership and Development), jadi semacam divisi yang ngurusin hal-hal internal di AMSA. Dari dua organisasi ini aku dapet banyak pengalaman lewat kegiatan-kegiatanya. Ada Cimsalabim, WDD (World Diabetes Day), Meet Doctor Bear, Diesnatalis FK, IDT (Indonesian Disease Today), pokonya asik-asik dan bermanfaat banget kegiatanya, semua rasa lelah terbayarkan.

Oiya satu hal yang aku sadari, ternyata aku mulai menyukai Jogja. Nggak tau kenapa aku ngrasa nyaman banget di Jogja, aku betah banget di Jogja. Kota yang penuh tradisi dan sangat bersahabat. Kota kecil yang banyak menyimpan keunikan. Jogjakarta, akan menjadi kota yang selalu aku rindukan.  

Jadi, sudah hampir satu tahun aku kuliah di FK UGM. Banyak hal yang aku dapetin dan pelajarin.  Memang, masih banyak banget kekuranganku, buat bagi waktu kuliah, belajar, organisasi, istirahat, makan, nyuci dan sekedar jalan-jalan untuk refreshing masih belibet, dan tentunya kekurangan lainya yang nggak kehitung. Tapi, karena keyakinanku, karena Allah, karena orangtuaku, karena keluargaku, karena diriku sendiri, aku harus belajar dan berbenah diri agar jadi pribadi yang lebih baik dan dokter yang memiliki kompetensi bagus. Jalan masih panjang, proses masih berlanjut, banyak kemungkinan yang akan terjadi, jangan lupa berdoa, dan terus keep in fire.
SEMANGAAAAAAAAAAT BU DOKTER !!!! ^.^




1 komentar:

  1. Good luck..... it's exciting following your story honey, sure you'll get your best

    BalasHapus